Daphnia Magna


Apabila anda adalah seorang penggemar ikan hias, atau bahkan anda adalah seorang pembudidaya ikan hias, maka anda tak akan asing lagi dengan daphnia magna. Namun jangan salah, tidak sedikit juga para penghobi maupun peternak ikan hias yang belum mengenal si mungil daphnia magna.

Daphnia magna yang seringkali dikenal sebagai kutu air raksasa adalah filum Arthropoda yang hidup secara umum di perairan tawar. Spesies-spesies dari genus Daphnia ditemukan mulai dari daerah tropis hingga arktik dengan berbagai ukuran habitat mulai dari kolam kecil hingga danau luas. Dari lima puluh spesies genus ini di seluruh dunia, hanya enam spesies yang secara normal dapat ditemukan di daerah tropika. Salah satunya adalah spesies Daphnia magna (Delbaere & Dhert, 1996).

Menurut Pennak (1989), klasifikasi Daphnia magna adalah sebagai berikut :
Filum : Arthropoda, Subfilum : Crustacea, Kelas : Branchiopoda, Subkelas : Diplostraca, Ordo : Cladocera, Subordo : Eucladocera,Famili : Daphnidae, Subfamili : Daphnoidea, Genus : Daphnia, Spesies : Daphnia magna.

Banyak sekali keuntungan dan keunggulan menggunakan daphnia magna sebagai pakan ikan hias apabila dibandingkan dengan kutu air lokal. Antara lain:

  • Ukuran Daphnia Magna dewasa bisa mencapai 10x lebih besar dari kutu air lokal.
  • Anakan Magna bisa diberikan untuk burayak ikan, sedangkan yang lebih besar bisa diberikan ke indukan ikan.
  • Daphnia Magna juga lebih bandel dan lebih mudah dikultur. Bisa menggunakan baskom, ember ataupun kolam untuk skala yang lebih besar.
  • Daphnia Magna sangat cepat berkembang biak. Sejak berumur kurang lebih 6 – 10 hari Daphnia Magna sudah mulai berkembangbiak.
  • Daphnia Magna sarat dengan nutrisi yang dibutuhkan ikan, kaya protein dan vitamin.
  • Daphnia Magna tidak bikin kotor air di aquarium ikan hias. Bahkan kalau ikan tidak mampu menghabiskannya, Daphnia Magna akan tetap hidup di dalam aquarium sampai ikan bisa memakannya lagi.
  • Daphnia Magna bisa menjadi pakan berlimpah yang tidak akan habis asalkan dipelihara dengan benar.
  • Dll

Demikian sedikit ulasan tentang daphnia magna, semoga bermanfaat.

Daftar Pustaka:

Tinggalkan komentar